Kami Memberi Solusi Perjalanan Anda

Jumat, 03 Maret 2023

BUKITTINGGI KOTA WISATA

Melanjutkan perjalanan dari Kota Padang, kita sekarang menuju Kota Bukittinggi yang dikenal dengan julukan Kota Wisata atau Kota Sanjai. Anda sudah asing lagi dengan julukan bagi Kota Bukittinggi ini karena untuk julukan Kota Sanjai (baca : Kerupuk / Kripik Sanjai) di sebabkan oleh makanan khas yang berasal dari kota ini yaitu Kerupuk Sanjai yang berasal dari Ubi Kayu atau Singkong yang di awalnya dibuat di daerah Sanjai Bukittinggi ini sehingga menjadi trademark nya kota Bukittinggi.


Perjalanan dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi yang berjarak 91 km dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam, melewati jalan utama yang mulus. Hamparan sawah mengiringi perjalanan kita menuju Kota Wisata ini. Tak ketinggalan, saat kita memasuki perbatasan Kabupaten Padang Pariaman dengan Kabupaten Tanah Datar, kita akan melewati Kawasan Hutan Lindung Lembah Anai yang terkenal dengan Air Terjun Lembah Anai. Kawasan ini juga merupakan Lokasi Wisata Alam yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan manca negara. Kawasan Lembah Anai terdiri dari hamparan bukit gugusan Bukit Barisan yang ditumbuhi oleh aneka ragam tumbuhan hutan dan satwa. Udaranya yang sejuk menambah kenyamanan kita dalam perjalanan.


Jalan mendaki merupakan ciri khas alam Sumatera Barat karena jalan-jalan utama berada di pinggir bukit dan merupakan pesona alam yang indah. Tanjakan jalan akan terus kita temui menjelang saatnya kita meninggalkan Kota Padang Panjang, kota yang kita lewati menuju Kota Bukittinggi.

Kota Bukittinggi dikenal dengan wisata alam dan wisata sejarahnya. Ciri khas wisata sejarah yang dimiliki adalah Jam Gadang yang merupakan warisan sejarah paling berharga dengan keunikan yang dimiliki oleh Jam Gadang adalah terletak pada angka 4 romawi, seharusnya menurut angka romawi adalah IV namun di Jam Gadang ini dituliskan IIII. Apabila anda kurang yakin silahkan lihat sendiri dan hebatnya lagi, meskipun Jam Gadang ini telah berusia berabad-abad namun masih tetap berfungsi dengan baik dan menjadi pedoman waktu bagi seluruh warga yang bisa menyaksikan Jam Gadang ini.

Selain Jam Gadang, ada juga peninggalan sejarah yaitu Benteng Ford De Kook dan Lubang Jepang. Kedua lokasi ini dapat mudah dijangkau dari Jam Gadang. Benteng Ford De Kook dapat kita tempuh dengan berjalan kaki melewati Kebun Binatang atau dikenal Taman Puti Bungsu. Ditaman ini di tempatkan aneka ragam satwa yang dilindungi sebagai sarana hiburan dan pendidikan bagi anak-anak. Kebun Binatang ini menghubungkan jalan ke Benteng Ford De Kook dengan melewati Jembatan Limpapeh yaitu jembatan gantung yang berdiri diatas jalan utama Kota Bukittinggi yaitu Jalan A. Yani atau lebih dikenal orang dengan Kampung China (Pecinan).

Perjalanan ini akan terasa kurang nikmatnya apabila kita belum mencicipi masakan khas Bukittinggi yaitu Masakan Gulai Kapau dan Randang. Masakan Gulai Kapau ini terdiri dari gulai santan yang diisi dengan sayur nangka, lobak, kacang panjang serta gulai usus.


Melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sangat mengasyikkan sekaligus menghirup udara pegunungan karena Kota Bukittinggi dilingkari oleh 2 gunung yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Hanya butuh waktu 10 menit, kita telah sampai di Lubang Jepang yang berada di Kawasan Panorama Ngarai Sianok. Disini terdapat Lubang Jepang yang merupakan peningggalan penjajajh Jepang. Lubang Jepang ini mempunyai ukuran yang lumayan panjang yang bisa tembus ke dekat lokasi Ngarai Sianok (lembah). Memandang alam sekitar dengan berdiri pada lokasi Panorama ini sangat mengesankan. Kita bisa melihat pemandangan alam menuju Ngarai Sianok yang sangat indah serta apabila kita berkeinginan untuk turun langsung bercengkrama menikmati kesejukan air Ngarai  Sianok dapat melewati tangga yang telah disediakan. Walau pun anak tangganya cukup banyak, kepenatan akan terobati setelah bersentuhan langsung dengan air Ngarai Sianok yang sejuk.

Keindahan dan kenikmatan perjalanan ini akan terasa nikmat apabila anda sendiri yang langsung merasakan. Selamat menikmati wisata alam dan sejarah di Kota Bukittinggi Kota Wisata.
.

Sumber ; 
Pengalaman Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang, silahkan tinggalkan komentar anda disini.
Untuk info dan pemesanan, hubungi : 0853 6459 4128

Mesjid Raya Sumatera Barat, Masjid terbesar di Sumatera Barat, Indonesia

 Masjid Raya Sumatra Barat Masjid Raya Sumatra Barat adalah masjid terbesar di Sumatra Barat yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamat...